Pages

Harga Motor, Harga Mobil, Harga Hp Samsung, Harga Leptop, Harga Mesin Jahit, Tips, dan Harga Tiket

Spesifikasi GPU : GeForce GT 730 1GB GT 730 1GB

Spesifikasi GPU : GeForce GT 730 1GB GT 730 1GB
Mengerti apa itu GPU dan bagaimana cara kerjanya akan membuat kamu dapat memilih smartphone dengan lebih tepat. Dengan alasan itulah saya dengan khusus membuatkan artikel singkat ini yang menjelaskan GPU secara menyeluruh. Lewat artikel ini kamu akan menemukan jawaban dari pertanyaan seperti apa itu GPU? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja macam GPU yang tersedia di pasar? Selamat membaca!

Apa Itu GPU?

GPU atau graphic processing unit adalah sebutan yang dipelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999 ketika mereka meluncurkan GPU pertama di dunia, “GeForce 256″. Pada intinya GPU adalah sebuah CPU tambahan (atau sering disebut co-processor) yang bertugas untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, salah satunya adalah pengolahan grafis.
Kamu mungkin bertanya, “kalau fungsinya begitu mirip dengan processor mengapa tidak menggunakan CPU saja untuk pengolahan gambar?”. Jawabannya, karena CPU dan GPU dirancang dengan berbeda. CPU biasanya hanya memiliki beberapa core (untuk sekarang jumlah core processor berkisar 2-8) sedangkan GPU bisa memiliki sampai dengan ribuan core. Untuk mengolah gambar maka GPU akan melakukan komputasi untuk setiap pixel yang muncul di layar, dan jumlahnya bisa mencapai jutaan.
Geforce 256
Jika perhitungan grafis dilakukan CPU (mari kita katakan quadcore) maka hanya akan ada 4 core yang akan mengeluarkan 4 pixel dalam sekali hitung, sedangkan GPU akan menghasilkan ribuan komputasi dalam sekali hitung. Kemampuan hitung GPU mungkin tidak sekuat CPU namun menang dalam hal jumlah. Sedangkan, dalam hal grafis jumlah adalah variabel yang lebih penting.
Bayangkan jika kamu diminta untuk mengecat lapangan basket dalam waktu 15 menit, apakah kamu akan menyewa 4 orang dengan kemampuan mengecat paling cepat di dunia atau 60 orang dengan kemampuan cat yang biasa saja?

System on Chip

System on Chip adalah sebuah paket chip yang berisi hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah perintah lengkap di smartphone atau gadget lain seperti kamera. Bayangkan sebuah chip yang isinya adalah processor, GPU dan memory controller, itulah SoC. Fungsinya, supaya ketiga komponen ini tidak lagi terpisah-pisah dan praktis untuk digunakan. Di dunia PC gaming, VGA dan processor utama biasanya dipisah namun bagi dunia mobile gaming, SoC adalah solusi yang lebih praktis dan juga murah.
Tegra adalah satu contoh SoC yang paling terkenal dan mungkin juga sudah kamu dengar sebelumnya. Tegra pertama kali digunakan untuk Microsoft Zune HD namun sekarang sudah digunakan dengan sangat luas mulai dari mobil mewah sampai dengan smartphone.
Jadi apakah Tegra 4 itu? Sebuah processor? Sebuah GPU? Jawabannya adalah keduanya. Tegra 4 memiliki processor dengan 4 cores dan sebuah GPU dengan 72 cores.
Tegra SoC
Selain Tegra, SoC lain yang cukup terkenal adalah Snapdragon yang diproduksi oleh Qualcomm. Sebagai contoh SoC Snapdragon 400 terdiri dari processor quad core 1.7 Ghz dengan GPU Adreno 305.
Jadi jika kamu bertanya Tegra 4 dengan Adreno 330 mana yang lebih kencang, maka kamu sedang menanyakan hal yang salah. Tegra 4 adalah sebuah chip berisi CPU & GPU sedangkan Adreno 330 adalah sebuah GPU saja, keduanya tidak bisa dibandingkan secara 1 banding 1.
Facebook Twitter Google+
Back To Top