Pages

Harga Motor, Harga Mobil, Harga Hp Samsung, Harga Leptop, Harga Mesin Jahit, Tips, dan Harga Tiket

Tips Membeli Mobil Bekas | Harga Mobil Bulan October 2019

Tips Membeli Mobil Bekas | Harga Mobil Bulan October 2019
Tips Membeli Mobil Bekas. Untuk informasi kali ini admin akan sedikit berbagi tips mengenai cara membeli mobil bekas atau second. ada hal-hal yang harus diperharikan ketika kita hendak mau membeli mobil bekas, klo baru udah tentu ter uji. untuk ini mari kita simak ulasan berikut ini: 

1. Mencari tahu harga mobil yang akan anda beli

Agar tidak tertipu oleh si penjual maka hal ini wajib anda lakukan ketika akan membeli mobil bekas. Penjual bisa saja menjual mobilnya dengan harga semau dia. Jika anda tidak tau harga dipasaran, maka anda bisa-bisa ditipu habis-habisan. Untuk mencari informasi harga mobil yang akan anda beli anda bisa mengeceknya di situs jual beli, bertanya pada teman, membaca iklan yang ada di Koran dan lainya.


2. Bersabar

Untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang relative murah kuncinya adalah bersabar. Carilah sebanyak-banyaknya informasi tentang mobil bekas yang ingin anda beli. Setelah mendapatkan informasi yang cukup barulah anda bandingkan baik dari sisi harga maupun kondisinya.

3. Jangan percaya langsung dengan si penjual

Jika anda membeli dari seorang makelar sebaiknya jangan langsung percaya dengan apa yang ia ucapkan. Terkadang si penjual hanya membecirakan tentang sisi positifnya atau kelebihanya tanpa mengutarakan hal negative tentang mobil tersebut. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan beberapa penjual juga jujur tentang kondisi mobil bekas yang ia jual. Intinya anda harus mengecek sendiri secara langsung. Jika anda tidak tau tentang mobil sebaiknya mengajak teman yang sudah ahli atau yang berpengalaman dibidang tersebut.

4. Periksa kondisi body mobil tersebut

Periksalah mulai dari warna cat, perhatikan apakah ada cat yang belang (ada satu bagian yang warnanya atau kecerahanya berbeda). Jika didapatkan kondisi demikian kemungkinan mobil tersebut pernah dicat ulang akibat bersenggolan atau tabrakan dengan kendaraan lain. Rasakan juga dengan sentuhan jari apakah ada bagian yang bergelombang atau tidak.

5. Periksa Kondisi Mesin

Bukalah kap mesin dan periksalah secara visual apakah ada kebocoran baik dari oli pelumas maupun cairan pendingin. 

6. Lakukan Test Drive

Ketika anda ingin membeli mobil bekas usahakanlah untuk bisa melakukan test drive. Lakukanlah dengan jalan yang bervariasi dan rasakan. Dengan test drive ini setidaknya bisa mendeteksi jika terdapat kerusakan.

7. Periksa kelengkapan dokumen

Mintalah kepada penjual untuk menunjukan dokumen mobil tersebut mulai dari BPKB, STNK, faktur pembelian dan dokumen lainya.

Tips buat temen-temen yang berencana beli mobil bagus walau bekas. kadang-kadang awam heran bagaimana para makelar demikian cepat menaksir mobil. Pertama memang mereka rajin bolak-balik iklan cilik di koran dan kedua mereka rajin browsing internet (toko bagus/raja mobil) bikin mereka hafal banderol harga. Tapi bila awam sibuk ngga sempat hafal harga setidaknya bisa dapat kendaraan lumayan sesuai kekuatan kantong. Penting setidaknya lakukan pertama tentukan jenis kendaraan sesuai kebutuhan hidup dan keluarga sehari-hari. Jangan beli pickup bila ngga butuh angkut-angkut setiap hari. Kalau suatu har butuh angkut ya sewa aja toh ngga tiap hari. Jangan pake sedan bila rumah di desa tak beraspal. Jangan beli hatchback mini bila suka ngangkutin keluarga banyak. Jangan beli 7 seater bila anak cuma satu dan rumah type 21. Ngga perlu beli SUV 4×4 bila rumah nggak di hutan, ngga kerja di tambang, bukan tukang derek, dan ngga ikutan club offroad. Beli sesuai kebutuhan sehari-hari.

Kedua, pelajari bener isi kantong anda alias jujur pada diri sendiri. Banyak orang cuma receh tapi rajin keluyuran di pameran atau dealer buat ambil brosur mobil baru. Kata mereka “siapa tahu bisa beli suatu saat” atau “barangkali dapet hadiah” atau “bermimpi boleh kan?” atau yang paling parah “kalau menang lotre”. Fokus pada kekuatan kantong dan model dibutuhkan (bukan yang diinginkan) kemudian maanfaatkan sisa tenaga dan waktu untuk memilih yang masih bagus.

Ketiga, masalah teknis memilih mobil. Kita tidak pernah tahu mobil yang mana bener-bener good condition. Tapi kita bisa pelajari siapa pemilik dan karakter membawa mobil. Membeli mobil dari temen atau orang yang dikenal sangat penting. Pertama terhindar dari ketipu karena mereka akan berpikir dua kali menipu orang dekat. Kedua penting merunut part apa yang pernah diganti dan belum diganti sehingga perawatan mobil dibeli bisa kontinyu dan efisien. Namanya mobil bekas mengganti onderdil tua atau rusak itu wajar. Yang penting ngga ngerepotin di jalan karena bisa dideteksi lebih awal.

Keempat, masih tentang hal teknis mobil. Anda yang berencana membeli mobil harus teliti mulai body. Browsing foto-foto internet satu jenis mobil dipilih. Cari foto ketika baru-nya itu mobil. Lalu pelajari detailnya: lampu, grill, talang air, nat (rongga) pintu jendela, komposisi mesin, kabel mesin, dan kelengkapan interior. Rekam santai aja di kepala. Penting: tentukan saja satu merk dan jenis mobil berikut tahun (jangan tergoda beralih). Kaca lampu yang suram menandakan mobil sering dijemur atau kejemur mentari. Kaca mobil polos tanpa tulisan timbul atau sablon menandakan itu imitasi. Pemilik mobil care memarkir dan menyimpan mobil biasanya ia sangat teliti pula merawatnya. Perhatikan karet nat kaca depan dan belakang. Karet yang udah retak-retan akan rentan bocor bila hujan. Karet yang sudah disiller lem hitam biasa pernah dibongkar atau setidaknya bermasalah. Kaca pernah dibongkar artinya pernah ganti kaca atau mobil sudah dicat ulang.


Jangan beli mobil formal yang kacanya pernahh diganti kecuali bisa dipastikan kaca terpasang adalah khusus buat mobil. Pecahnya kaca mobil saat dikendarai aman untuk kulit sementara yang abal-abal bisa menusuk tajam penumpang. Kaca mobil biasa ada samblon tulisan merk mobil di pinggir-pinggir. Kalau tak ada lupakan buat dibeli. Pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling semua pintu. Bila beda boleh jadi sudah dilas tambahan atau dempul; artinya pernah nabrak atau hancur. Talang air di atas pintu yang telah berkarat tanda mobil tak punya garasi pribadi atau cuma carpot yang sering tampias hujan. Pastikan pintu saat ditutup rata dengan body bukan menonjol. Buka kap mesin dan pintu bagian dalam cari stiker-stiker terpasang. Bila tak ada/ hilang biasa sudah ditutup cat ulang. Cat ulang juga bisa ditwliti dari kualitas bayangan orang di body cat atau bisa dilihat di karet sil kaca dan pintu. Cat ulang biasa kenai karet walau sedikit pasti tampak. Buka karpet untuk melihat lantai utuh ata keropos.

Tidak kalah penting lihat di dasboard mobil. Bila dasboard panel pada hilang kabel berjuluran pastilah akan ada banyak problrm kelistrikan nanti. Jadi anda bila terlanjur jatuh cinta membeli harus segera dilarikan di tukang dinamo buat diurutatau ganti kabel sebelum kebakar di jalan. Tips beli mobil yang dasboard-nya rapi dan panel-panel tidak hilang berlubang pula tak ada kabel berjulur-julur. Pemilik rapi biasa ngga betah dengan keanehan semacam itu. Dasboard rapi pasti orang teliti ngerawat mobil. Kulit jok mobil yang sudah kempes kulit robek tanda mobil sudah lelah berkarya juga Jok mobil yang busanya masih tampak berotot berlekuk tanda jarang ngangkut berlebih dengan intensitas tinggi. Bila lingkar klakson pada steer sudah kusam kegores tanda pemilik yang lalu orang tak sabaran. Mobil milik orang tak sabaran biasanya diperlakukan sekedar fungsional bukan disayang. Panel listrik normal setidaknya bisa menunjukkan listrik aman. Duduklah di jok mobil, nyalakan mesin dan rasakan seolah sedang mengendara. Lihat tuas presnelling yang bergetar tanda akan ada masalah sekitar gearbox. Pegang tuas presneling dan tahan kalau masih bergetar juga pasti pernah dibongkar. Kalau anda jadi ikut bergetar juga pastiken karet-karet mounting pasti bermasalah.


Berikut buka kap mesin untuk periksa apakah ada terlalu banyak kabel ataukah rapi. banyak kabel bertebaran berarti anda punya PR wajib ke tukang listrik dinamo buas mengganti kabel dan menyederhanakannnya sesuai pada penampakan di internet saat mobil semacam baru. Google bisa sangat membantu untuk bahan rujukan ini. Terkait mesin periksa kebocoran oli di mesin dan air dari radiator. Bocor oli menandakan sebentar lagi anda bakal turun mesin atau sering belioli untuk sering nambah. Bila telat…. remuk redam di dalam. Buka tutup radiator air, bila normal air tampak bening. Bila air keruh tanda ada kebocoran oli mesin. Cabut cecker olie mesin dan raba dengan jari. Oli bagus tampak bening bila hitam atau coklat pemilik pasti orang jorok jarang ganti oli. Tak perlu mahal tapi kondisi oli bagus perpanjang usia mesin. Bila oli tampak rada keruh putih atau berair (air ngga nyampur) pasti ada kebocoran dari radiator air. bocor radiator air bikin mesin karatan dan aus di dalam. Itu mesin jelek.


Buat ngecek body bisa anda ketok-ketok lembut keliling mobil dengan punggung jari (jangan keras-keras yang punya marah). Suara metal menandakan plat masih barus dan belum didempul atau dilas. Dempul atau las biasa berbunyi seperti plastik dipukul. Didempul atau dilas berarti mobil pernah bermasalah dijalan dengan benturan.

Well setidaknya itu checking minimal untuk beli mobil. Masih ada beberapa tertinggal tapi setidaknya itu standart minimal. Bila anda telah cocok dengan kondisi mobil dan jatuh cinta untuk membelinya, yang terpenting adalah nomor mesin dan rangka body harus cocok sama dengan BPKB dan stnk. Ini ngga perlu dicek sendiri cukup minta ke penjual surat cek fisik di SAMSAT. Secarik kertas yang anda bisa simpan sekalian untuk mengurus balik nama nanti. Minta juga fotocopy KTP dan siapkan selembar kuitansi kosong dengan meterai untuk ditandatangani pemilik sesuai BPKB. Mungkin banyak kelupaan ditulis tapi setidaknya bermaanfaat bagi pembeli pemula. Tips tambahan pertama, jangan membeli tergesa dan jangan bawa uang saat baru jalan-jalan browsing mobil. Itu bikin anda terburu membeli. Bawa aja uang panjar 500ribu. Tips tambahan kedua, ngga usah bawa istri saat cuma browsing (kecuali saat membayar) karena anda akan tampak awam bagi makelar. Selamat belanja.





Facebook Twitter Google+
Back To Top